SISTEM
Sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran tertentu/tujuan. Esensinya sistem terdiri dari:
1. komponen-komponen dalam sistem tersebut, yaitu:
a. input yaitu masukan secara umum dapat dikatakansebagai energi yang dimasukkan ke dalam sistem. Masukan dapat berupa masukan perawatan (maintenance input) dan masukan sinyal (signal input). Umumnya data yang diperlukan adalah sebagai masukan sistem yang diturunkan dari kebutuhan informasi.
sedangkan dalam penggunaan komputer/informasi input merupakan aktifitas pemberian data kepada komputer, dimana data tersebut merupakan masukan bagi komputer. Agar data dapat diterima oleh komputer dengan baik, komputer memiliki peralatan yang berfungsi untuk hal ini, yang disebut dengan input device.
contoh;keyboard,mouse,dll
b.proses yaitu Kegiatan untuk melakukan pengolahan suatu data menjadi informasi/atau pengolahan data mulai dari input sehingga menghasilkan output
c. output yaitu keluaran, hasil dari suatu proses, baik berupa data maupun berbentuk informasi yang telah diolah.
contoh output device adalah printer
d. batasan(boundovies)
e. lingkungan
f. sub sistem yaitu bagian dari sistem itu sendiri
2.pengelompokan sistem
sistem dalam sistem operasi dapat dikelompokkan sbb:
1. sistem terbuka(open system)
Open system atau sistem terbuka mengacu kepada sistem komputer yang menggunakan antar muka standar yang terbuka. Standar sistem terbuka adalah spesifikasi antar muka yang dapat digunakan oleh semua vendor dalam pembuatan produk mereka.
Pentingnya standar sistim terbuka :
1. mudah mendefinisikan antar muka pada berbagai platform.
2. spesifikasi yang terbuka sangat diperlukan oleh vendor-vendor yang lain menggunakan sistim terbuka. Keterbukaan spesifikasi memberikan keuntungan berupa berkurangnya ketergantungan suatu aplikasi terhadap sistem tertentu. Keterbukaan juga menyebabkan masalah keamanan atau sekuriti menjadi penting. Keamanan diperlukan dalam disain aplikasi.
2. sistem tertutup(close system)
sistem operasi yang tetrtutup atau tidak bisa diketahui orang lain
3. system alamiah(mengalir dengan sendirinya)
4.system expert
Sistem Pakar (Expert System) merupakan suatu usaha untuk menirukan seorang pakar. Biasanya Sistem Pakar berupa perangkat lunak pengambil keputusan yang mampu mencapai tingkat performa yang sebanding seorang pakar dalam bidang problem yang khusus dan sempit. Pada dasarnya kepakaran ditransfer dari seorang pakar ke komputer, pengetahuan yang ada disimpan dalam komputer, dan pengguna dapat berkonsultasi pada komputer itu untuk suatu nasehat, lalu komputer dapat mengambil inferensi (menyimpulkan, mendeduksi, dll.) seperti layaknya seorang pakar, kemudian menjelaskannya ke pengguna tersebut, bila perlu dengan alasan-alasannya. Sistem Pakar terkadang lebih baik unjuk kerjanya daripada seorang pakar manusia.
Sistem pakar juga bisa dikatakan sebagai suatu program komputer yang mengandung pengetahuan dari satu atau lebih pakar manusia mengenai suatu bidang spesifik. Jenis program ini pertama kali dikembangkan oleh periset kecerdasan buatan pada dasawarsa 1960-an dan 1970-an dan diterapkan secara komersial selama 1980-an. Bentuk umum sistem pakar adalah suatu program yang dibuat berdasarkan suatu set aturan yang menganalisis informasi (biasanya diberikan oleh pengguna suatu sistem) mengenai suatu kelas masalah spesifik serta analisis matematis dari masalah tersebut. Tergantung dari desainnya, sistem pakar juga mamupu merekomendasikan suatu rangkaian tindakan pengguna untuk dapat menerapkan koreksi. Sistem ini memanfaatkan kapabilitas penalaran untuk mencapai suatu simpulan.
Kepakaran (expertise) adalah pengetahuan yang ekstensif (meluas) dan spesifik yang diperoleh melalui rangkaian pelatihan, membaca, dan pengalaman. Pengetahuan membuat pakar dapat mengambil keputusan secara lebih baik dan lebih cepat daripada non-pakar dalam memecahkan problem yang kompleks. Kepakaran mempunyai sifat berjenjang, pakar top memiliki pengetahuan lebih banyak daripada pakar yunior.
Tujuan Sistem Pakar adalah untuk mentransfer kepakaran dari seorang pakar ke komputer, kemudian ke orang lain. Proses ini tercakup dalam rekayasa pengetahuan (knowledge engineering).
Jumat, 17 April 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar